Berawal dari kebulatan tekad sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya yang mendapat beasiswa Supersemar pada tahun 1978, berniat membentuk sebuah organisasi koperasi. Dikarenakan melihat kondisi objektif IKIP Surabaya yang belum ada organisasi yang serupa, semakin menguatkan keinginan dan keyakinan, bahwa dengan organisasi semacam koperasi mengutamakan kesejahteraan anggota yang mampu mengangkat perekonomian anggota yang notabene dari kalangan menengah kebawah. Koperasi yang dikenal sebagai sokoguru perekonomian bangsa Indonesia coba diterapkan dan dikembangkan serta diaplikasikan di IKIP Surabaya. Niatan tersebut mendapat dukungan dari berbagai organ kampus, hal ini terbukti dengan status badan hukum yang diperoleh Koperasi pada tahun 1981 tidak lama setelah terbentuk tahun 1978. Hanya selang tiga tahun sejak didirikan, sudah mendapat pengakuan sebagai lembaga bisnis.

Dari tahun ke tahun perkembangan koperasi bisa dibilang cukup pesat, antusiasme mahasiswa yang ingin bergabung menjadi anggota cukup besar.

Pada tahun 1999 ada perubahan IKIP menjadi Universitas, hal ini menuntut perubahan naman koperasi yang awalnya Koperasi IKIP Surabaya menjadi Koperasi Mahasiswa UNESA yang dilakukan pada saat RAT ke-XV pada tahun 2000-selaku pengambil kebijakan tertinggi di koperasi. Perubahan ini juga turut mengubah paradigma mahasiswa dalam menganalisis kondisi sosial di lingkungannya. Selanjutnya turut aktif dalam mengawal perubahan.

Demikian sejarah singkat dari Koperasi Mahasiswa UNESA yang berawal dari kebulatan tekad untuk bersama-sama mensejahterakan anggota dan semoga cita-cita dapat terus tumbuh dan berkembang sesuai tuntutan zaman.