Pra-Diksar Batch 1 : Kepelatihan dan Pendidikan menuju Diksar 2021

Kegiatan Pra-Diksar Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Februari 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan pelatihan dan pendidikan dasar tentang perkoperasian sebelum menuju kegiatan Diklat Dasar (Diksar). Target kegiatan lebih difokuskan pada anggota baru Kopma Unesa yang belum mengikuti kegiatan Diksar, namun tidak menutup kemungkinan untuk anggota lama dapat mengikuti kegiatan ini. Pada kegiatan Pra-Diksar dibagi menjadi beberapa gelombang, dilaksanakan satu kali dalam sebulan dengan harapan semua anggota Kopma yang belum mengikuti Diksar dapat memiliki gambaran bagaimana kegiatan Diksar yang akan datang. Pra-Diksar Batch 1 diikuti sebanyak 18 peserta dari target 20 peserta.

Acara diadakan secara online melalui media Googlemeet, dibuka dengan registrasi peserta pada pukul 08.00 s.d 08.20 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pretest sampai pukul 08.50 WIB. Pre-Test dilakukan untuk mengukur pengetahuan anggota, seberapa jauh pengetahuan peserta terhadap materi Pra-Diksar yang akan diberikan. Pretest berisikan soal-soal tentang problem solving sehingga melalui kegiatan ini sudah dapat mengukur kemampuan kader Kopma Unesa.

Sebelum masuk pada acar inti, dilakukan perkenalan dari tiap-tiap anggota serta sharing-sharing kegiatan perkuliahan dan usaha yang pernah dijalankan oleh anggota. Sangat menginspirasi ketika beberapa diantaranya menceritakan usaha yang baru dibangun sekaligus mempromosikan usaha yang saat ini dijalankan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi yang pertama disampaikan oleh Alumni Kopma Unesa yaitu Rizky Nur Safitri dengan tema Jati Diri Koperasi. Setelah materi pertama selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi, moderator memberikan kesempatan kepada 3 orang penanya saja. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Games Interaktif melalui Quizziz. Peserta sangat antusias karena diakhir kegiatan akan ada reward bagi 3 pemenang berupa pulsa.

Kemudian, ada jeda selama 15 menit dari pukul 10.48 s.d 11.03 WIB. Setelah itu dilanjutkan lagi pada pemateri kedua yaitu dari Kepala Bidang PSDA, Arif Rio Ardiansyah dengan materi Keorganisasiaan Umum. Setelah itu, dilanjutkan oleh pemateri ketiga yaitu dari Ketua Umum Kopma Unesa Aulia Ayik Pratiwi dengan materi Keorganisasian Kopma. Pada materi ketiga akan diperkenalkan secara ringkas tentang keorganisasian dan struktur kepengurusan yang ada di Kopma Unesa. Sehingga anggota terdapat gambaran terkait bidang yang nantinya akan dipilih sebagai RTL kegiatan Pra-Diksar. Setelah materi, kegiatan selanjutnya adalah sesi tanya jawab untuk kedua materi yang berlangsung selama 30 menit.

Pada pukul 13.00 WIB dilakukan acara penutupan. Peserta diminta untuk tidak left group yang sebelumnya telah dibuat, karena pengumuman pemenang akan disampaikan tiga hari setelah kegiatan berlangsung. Bukan hanya itu saja, setelah kegiatan Pra-Diksar, peserta akan diikutsertakan pada kegiatan Asjun (Asisten Junior) Bidang. Setiap peserta diberikan pilihan untuk memilih bidang yang diminati, boleh mengikuti lebih dari dua bidang untuk pelatihan dan pendidikan. Harapan dari kegiatan Pra-Diksar persis seperti tema yang dicantumkan yaitu dapat membentuk kader Kopma yang Inovatif dan Tangguh.

ngadmin

Berawal dari kebulatan tekad sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya yang mendapat Beasiswa Supersemar pada tahun 1978, berniat membentuk sebuah organisasi koperasi.

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *