Bergiat Positif di Masa Kritis

“Pengusaha” adalah gelar profesi yang sedang digandrungi kalangan millenial saat ini, pasalnya di Indonesia banyak sekali pengusaha muda sukses yang memotivasi banyak orang. Bukan sukses tanpa perjuangan, sudah jelas mereka-mereka adalah pemilik mental baja yang akan terus berjalan di tengah badai sekalipun. Perjuangan-perjuangan sudah pernah mereka lalui sebelumnya, tidak ada yang instan di dunia ini kecuali mie instan yang kurang baik bagi kesehatan. Pasti semua berawal dari bawah, salah satunya berawal dari berjualan online, dimana pada masa pandemi saat ini orang akan lebih memilih berbelanja secara online saja tanpa keluar rumah . Saat ini berjualan online adalah salah satu hal yang cukup mudah dilakukan, namun akan berbeda hasilnya antara yang sekedar berjualan dengan berbisnis yang dibekali banyak pengetahuan dan kemampuan.

Bermaksud untuk memiliki anggota yang berpengetahuan dalam menjalankan usaha, kopma unesa mengadakan pelatihan marketplace yang diperuntukkan kepada anggotanya. Marketplace merupakan sebuah platform transaksi bisnis online yang menyediakan metode elektronik untuk memfasilitasi transaksi komersil seperti menjual barang, jasa, ataupun informasi secara online antara penjual dan pembeli. Tentunya marketplace berkaitan dengan usaha, dimana marketplace adalah salah satu lapak yang mudah digunakan untuk mulai berjualan tanpa membutuhkan banyak modal.

Meskipun seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring, tidak menutup kemungkinan kita untuk terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan. Salah satu pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini membawa manfaat yang cukup besar bagi anggota kopma. Pelatihan pertama dilaksanakan pada tanggal 28 Februari melalui media whatsapp grup. Pelatihan pertama ini menggunakan sistem diskusi, pemateri memberikan beberapa pertanyaan terkait marketplace kemudian pemateri merefleksi dan memberikan materi mengenai marketplace dengan lengkap.

Pelatihan hari kedua dilaksanakan pada tanggal 4 Maret menggunakan media google meet. Di hari kedua atau pelatihan lanjutan ini, peserta kembali diberikan materi terkait marketplace sekaligus mempraktekkannya melalui marketplace shopee. Meski dilakukan secara daring, pemateri yang juga seorang pengusaha online mampu membawa suasana tidak membosankan dan mampu menjelaskan secara terperinci juga jelas. Pada akhir pelatihan pemateri juga memberikan reward berupa saldo shopee pay kepada peserta yang aktif dalam mengikuti pelatihan.

Tentu saja, pelatihan marketplace ini membuka pengetahuan bagi para anggota yang ingin memulai usaha. Pasalnya, kita yang belum paham mengenai penggunaan dan aturan-aturan dalam marketplace menjadi tahu dan langsung dapat mempraktekkan. Dalam pelatihan ini kita banyak sekali diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada pemateri, sehingga membuat kita sebagai peserta sangat memahami pelatihan yang telah diberikan. Setelah mengikuti pelatihan ini, kita semakin percaya diri untuk memulai usaha karena telah memiliki bekal pengetahuan. Akan tetapi, seorang yang berjiwa pengusaha selalu haus akan pengetahuan dan terus mengasah dirinya menjadi lebih baik. Karena itu, diharapkan tulisan ini dapat memotivasi pembaca yang ingin menjadi seorang “Pengusaha” untuk terus mengembangkan dirinya dengan mengikuti kegiatan positif meski dalam masa yang kritis.

-Penulis : Anggun Permata

ngadmin

Berawal dari kebulatan tekad sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya yang mendapat Beasiswa Supersemar pada tahun 1978, berniat membentuk sebuah organisasi koperasi.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *