Ngoberal (Ngobrol Bersama Alumni) : Membuka Mata dengan Diskusi saat Pandemi

Bisa nggk sih melakukan kegiatan diskusi saat pandemi?

Pertanyaan tersebut telah terjawab dengan Diskusi saat Pandemi dengan diadakannya Diskusi interaktif oleh Kopma Unesa, minggu (14/02/21). Diskusi interaktif ini dilaksanakan dengan menggunakan media aplikasi google meet. Rasa rindu untuk saling bercengkerama terobati dengan adanya diskusi ini, sambil tetap menjaga kesehatan degan tidak bertemu secara langsung. Bertukar pikiran saling melempar pertanyaan seputar dunia usaha sudah jadi makanan lazim untuk anggota Kopma. Kekuatan tekat dan keyakinan menjadi kunci utama dalam melaksanakan kegiatan usaha.

Dokumentasi saat kegiatan diskusi melalui media aplikasi google meet.

Pembahasan mengenai promosi produk, personal branding, konsistensi, serta strategi menghadapi banyak bentuk konsumen tak lupa untuk dikulik pada diskusi interaktif.   Promosi sebuah produk juga menjadi salah satu hal utama dalam sebuah usaha, sebuah upaya menarik minat pembeli untuk memakai atau menggunakan produk yang kita tawarkan. Terjadinya transaksi serta ditandainya dengan peningkatan jumlah penjualan menandakan promosi yang kita lakukan telah berhasil. Peningkatan penjualan dengan promosi dapat dilakukan dengan meningkatkan kwalitas foto produk serta memberi banyak kemudahan kepada konsumen untuk menikmati produk yang kita tawarkan.

Selanjutnya yaitu personal branding, tips yang dapat kita lakukan untuk membuat “Beda” dengan produk yang lain ialah membuat promosi produk seperti palupi’s store, serta menonjolkan kelebihan fast respond. Kemuadian konsisten, upaya quantinity ini dapat dilakukan dengan membuat desain yang menarik serta menonjolkan keuntungan yang didapat dengan mengkonsumsi produk kita. Tak hanya itu, kegigihan untuk terus belajar hal baru dan terus mencoba maka konsisten terhadap suatu hal akan segera terwujud. Hal yang lain sebagai strategi menghadapi banyak bentuk konsumen dapat dilakukan dengan melakukan interaksi yang baik, sehingga konsumen tidak terkesan chat dengan sistem. Sebab, pelayanan yang baik merupakan tambahan nilai tersendiri yang tidak dapat di tiru oleh pihak lain.

Dari hasil diskusi intaraktif yang diadakan oleh kopma unesa, yaitu memulai sebuah usaha diperlukan keberanian, persiapan, inovasi, serta keyakinan dalam menghadapi segala yang akan terjadi dalam sebuah dunia usaha.

Memanfaatkan pasar digital juga dapat dijadikan solusi untuk mempromosikan bisnis, salah satunya dengan marketplace seperti shopee, lazada, tokopedia, dll. Tak lupa melakukan promosi dengan upaya yang maksimal dalam membuat berbagai fisualisasi produk serta pemanfaatan waktu guna memperbanyak softskill mendorong kita untuk mengembangkan sebuah usaha.

Surabaya 26 februari 2021

-Elisya Mufadilah-

ngadmin

Berawal dari kebulatan tekad sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya yang mendapat Beasiswa Supersemar pada tahun 1978, berniat membentuk sebuah organisasi koperasi.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *