Pelatihan Content Creator 2 : Anak Kopma jadi Youtuber?

Berwirausaha tidak hanya membutuhkan modal percaya diri, namun rasa berani dan melek teknologi merupakan modal yang penting dalam mengembangkan suatu usaha di era millenial ini.

Adanya pandemic Covid-19 memaksa semua pelaku usaha untuk dapat melakukan pengembangan usaha melalui media online, diantaranya melalui media Market Place Online, Instagram, Youtube bahkan TikTok yang saat ini mulai merebah luas.

Tidak mudah, saat seseorang harus terjun pada media online maka harus memikirkan bagaimana produk yang akan dijualkan dapat menarik perhatian konsumen, harus dapat mempelajari konsep konten seperti apa yang disukai konsumen, dan harus berani explore ilmu marketing online lebih dalam.

Pada tanggal 21 Desember 2020, Kopma Unesa mengadakan pelatihan Content Creator 2 yang diikuti oleh 19 peserta dari Anggota Kopma Unesa. Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk memberikan pandangan lebih luas pada anggota bagaimana cara kita membuat konsep serta mempraktekkannya secara langsung melalui media online, terutama Youtube. Pelatihan ini berfokus pada bagaimana kita sebagai pelaku usaha dapat pula menjadi seorang Youtuber sukses.

Pelatihan berlangsung dalam waktu 2 jam, dimulai pada pukul 19.00 sampai pukul 21.00 WIB. Pemateri yang kami hadirkan merupakan Alumni Kopma Unesa yang saat ini tengah merintis karir di dunia per Youtubean dengan jumlah subscriber telah mencapai 64,3 ribu. Waaaww… sangat luar biasa bukan?

Kegiatan pelatihan ini sangat menarik antuasias peserta yang ikut, selain pemateri-nya yang menarik materi yang disampaikan-pun menjadi daya tariknya. Seperti judul yang telah tertuliskan, bisakah anak kopma yang lebih banyak belajar dan berbicara mengenai masalah bisnis menjadi seorang Youtuber? Siapapun dapat menjadi seorang Youtuber saat kita berani memulai dan mengkonsep konten dengan matang, bahkan menjadi anggota kopma dapat memiliki peluang besar menjadi Youtuber, pemasaran produk yang dimiliki dapat menjadi konten yang sangat menarik untuk dibahas. Pada masa seperti sekarang, ekonomi masyarakat mengalami penurunan sehingga memberikan tips-tips berwirausaha dimasa pademic merupakan ide cemerlang yang dapat digunakan. Materi pelatihan yang disampaikan diantaranya :

  • Dasar-dasar dalam Konten Creator
  • Persiapan dalam menentukan tema
  • Peralatan yang digunakan
  • Menentukan topik bahasan (Konten)

Selain penyampaian materi, pelatihan ini juga memberikan ruang diskusi antara pemateri dan peserta melalui tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Tidak sedikit yang bertanya, hampir semua peserta mengajukan pertanyaan, misalnya seperti bagaimana cara menghilangkan rasa malu, bagaimana jika konten yang disampaikan tidak sesuai dengan pashion diri. Kunci yang utama adalah temukan pashion kalian terlebih dahulu. Temukan rasa nyaman dan jalani degan enjoy ucap Ahmad Saikhu selaku pemateri.

Kesan yang saya dapatkan dari pelatihan ini yaitu cara penyampaian nya sangat detail dan itu terbilang cukup mengedukasi , menurut saya pribadi acara ini bermanfaat sekali dan bisa menambah pengetahuan yang selama ini belum kita ketahui. Mungkin untuk sarannya itu jam diselenggarakanya menurut saya terlalu malam. Yaaa dalam pelaksanaan suatu kegiatan yang namanya tidak tepat waktu itu pasti ada . Namun yaa akibatnya banyak peserta yang keluar room padahal acara belum slesai. kata Arzetya salah satu anggota Kopma Unesa yang bergabung dalam acara pelatihan Content Creator 2.

Pembelajaran yang didapat sangat banyak, diharapkan pelatihan ini dapat menjadi motivasi anggota dalam membangun usahanya, walaupun dimasa seperti ini.

ngadmin

Berawal dari kebulatan tekad sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya yang mendapat Beasiswa Supersemar pada tahun 1978, berniat membentuk sebuah organisasi koperasi.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *