Sejarah Koperasi Indonesia

Koperasi merupakan tempat yang sangat tepat bagi mahasiswa untuk belajar banyak hal, terutama dalam bidang kewirausahaan. Agar lebih paham dan semakin cinta akan koperasi perlu rasanya untuk kita semua mengetahui bagaimana sejarah berdirinya Koperasi Indonesia.

20 abad yang lalu merupakan saat dimana dimulainya sejarah koperasi Indonesia. Berawal dari hasil usaha yang kecil dan kemampuan ekonomi yang rendah membangkitkan semangat para pengusaha kecil yang berusaha mengubah nasibnya.

Berkat hati yang begitu mulia dari seorang Pamong Praja Patih R. Aria Wiria Atmaja, beliau pada tahun 1896 mendirikan sebuah Bank untuk para pegawai negeri di Purwokerto. Niat baik Patih untuk menolong para pegawai dari jeratan bunga pinjaman yang tinggi. Niat baik dari Patih di teruskan oleh De Wolffvan Westerrode yang merupakan seorang asisten residen Belanda. Waktu cuti yang dimiliki De Wolffvan Westerrode, dimanfaatkannya untuk mengunjungi jerman dan juga menganjurkan untuk mengubah Bank Pertolongan Tabungan menjadi Bank Pertolongan Tabungan dan Pertanian.Demi menolong para petani De Wolffvan Westerrode mendirikan sebuah lumbung-lumbung desa yang digunakan untuk menyimpan hasil panen dan memberikan pertolongan atau pinjaman pada saat musim paceklik tiba.

markijar.com - dr Soetomo - dr Sutomo

Tahun 1980, merupakan tahun dimana Dr. Sutomo mendirikan Budi Utomo memiliki peranan yang penting bagi pergerakan koperasi untuk memperbaiki perekonomian indonesia.

1915 merupakan tahun dibuatnya peraturan-peraturan Verordening op de Cooperatieve Vereeniging dan pada tahun 1927 Regeling Inlandschhe Cooperatiev. Selanjutnya di tahun 1927 terbentuklah Serikat Dagang Islam dimana memiliki tujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pribumi.

Di tahun 1942 Negara Jepang menduduki Negera Indonesia, yang mana pada saat itu Jepang mendirikan koperasi, Kumiyai merupakan nama koperasi yang didirikan oleh Jepang.

Tanggal 12 juli 1947 tepatnya setelah Negara Indonesia merdeka, gerakan koperasi untuk pertamakalinya mengadakan Kongres Koperasi. Tasikmalaya merupakan tempat pilihan untuk mengadakan kongres Koperasi pertama tersebut. Hari itulah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia hingga saat ini. Selanjutnya Bandung merupakan kota pilihan yang digunakan untuk mengadakan Kongres Koperasi yang kedua. Tepatnya pada tanggal 12 Juli 1953.

Dari sejarah singkat koperasi di atas kiranya dapat memberikan sedikit pengetahuan dan menambah rasa cinta kita terhadap koperasi yang mana telah memberikan sumbangsih dalam pemajuan perekonomian di Indonesia. Label bahwa koperasi menjadi soko guru perekonomian Indonesia, hendaknya bukan hanya label kosong belaka, melainkan dibuktikan dengan tindakan dan kesadaran masyarakat Indonesia akan eksistensi koperasi itu sendiri.

Majulah Koperasi, Majulah Perekonomian Indonesia

http://darealekonomi.blogspot.co.id/2015/03/sejarah-dan-perkembangan-koperasi-di.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

ngadmin

Berawal dari kebulatan tekad sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya yang mendapat Beasiswa Supersemar pada tahun 1978, berniat membentuk sebuah organisasi koperasi.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *