KOPMA DAN HARAPAN MASA DEPAN

Oleh Syaiful Rahman
b08fb94a-54e4-4925-95e0-6ba284cff71e
Bersyukurlah bagi kalian yang pernah mencicipi menjadi pengurus Koperasi Mahasiswa (Kopma) Unesa. Tahun 2013, Kopma berlokasi di depan kampus. Saat itu, beberapa pengurus melakukan sosialisasi ke kelas-kelas mahasiswa baru. Termasuk kelasku, PE13A.

Meskipun, kalau tidak salah dua orang wanita yang mempromosikan Kopma di kelasku, berusaha meyakinkan kami mengenai manfaat dan hal-hal lain terkait Kopma, tapi saat itu aku tidak tertarik sama sekali. Aku melihat Kopma bukan organisasi yang seksi layaknya organisasi semacam HMJ atau BEM.

Tidak lama kemudian, lokasi Kopma dipindah ke samping Pusat Bahasa Unesa. Lokasi lama digusur dengan alasan pembangunan gedung kewirausahaan. Alhasil, Kopma harus rela nyelempit dari jangkauan mahasiswa. Lokasi yang tidak strategis itu tentu sangat mencekik Kopma. Pendapatan Kopma pasti turun drastis.

Sementara bagiku, aku bersyukur dalam hati karena tidak menjadi pengurus Kopma. Seolah-olah tesisku yang mengatakan bahwa Kopma bukan organisasi seksi menemukan pembenaran.

Namun, kini tesis tersebut terbantahkan. Apalagi sejak lokasi Kopma dipindah kembali ke depan Unesa pada tahun 2016. Kopma tampak lebih mentereng. Kopma bukan lagi organisasi ecek-ecek yang nyelempit.

Tadi pagi, Sabtu (10/6/2017) saat mengisi pelatihan materi komunikasi bagi fungsionaris Kopma sungguh membuat aku optimis. Aku melihat generasi emas yang siap melakukan gerakan perubahan bagi Indonesia di masa depan. Semangat mereka mengikuti materi meski di bulan Ramadan patut diacungi jempol. Beberapa orang memang sempat menguap tapi mereka tetap fokus untuk menimba ilmu.

Oleh karena itu, aku tidak ragu mengatakan, seandainya aku tahu sejak dulu tentang dunia Kopma, tentu aku sudah aktif di Kopma. Tapi, kini sudah terlambat. Tinggal menghitung bulan, aku sudah harus melepas almamater S-1. Aku hanya berharap, mereka yang masih aktif menjadi pengurus atau anggota Kopma, jangan sia-siakan kesempatan ini. Berikan loyalitas, totalitas, dan integritas yang penuh terhadap Kopma. Kesuksesan Kopma adalah kesuksesan kalian semua. Kesuksesan kalian, harus juga menjadi kesuksesan Kopma.

Surabaya, 10 Juni 2017

ngadmin

Berawal dari kebulatan tekad sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya yang mendapat Beasiswa Supersemar pada tahun 1978, berniat membentuk sebuah organisasi koperasi.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *