Ikuti Fasilitasi Uji SKKNI-KJK Untuk Memperbaiki Manajemen Koperasi

SKKNI-KJK

Kopma Unesa – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kota Surabaya memberikan Fasilitasi Uji Sertifikasi Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Koperasi Jasa Keuangan (SKKNI-KJK). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengurus koperasi simpan pinjam di daerah Surabaya. Fasilitasi yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya ini dilaksanakan selama tiga hari pada hari jum’at-minggu (19-21/05/2017) di ruang rapat Bung Hatta lantai II.

Pada hari pertama dan kedua ujian yang diujikan berupa essay dan pilihan ganda kemudian di hari ketiga berupa praktek, demonstrasi dan wawancara.

Fasilitasi uji SKKNI-KJK ini terdapat 2 gelombang, pada gelombang pertama ujian dilakukan seminggu sebelum ujian gelombang dua dilaksanakan. Pada gelombang kedua, Uji SKKNI-KJK diikuti oleh 34 koperasi dari jumlah total 61 koperasi yang mendapatkan undangan fasiltasi uji SKKNI-KJK.

“banyak udangan yang tidak hadir karena sebelum ujian bapak-bapak dan ibu-ibu undangan merasa takut untuk menghadapi ujian” ujar Dani Aiyanti dalam sambutannya.

Melihat kondisi dari peserta yang tidak stabil, dinas koperasi dan Usaha Mikro kembali mengundang peserta uji SKKNI-KJK untuk mengikuti persiapan sebelum ujian guna mempersiapkan peserta dalam mengikuti fasilitasi Uji SKKNI-KJK.

Kelompok koperasi yang mengikuti uji fasilitasi SKKNI-KJK yaitu terdiri dari KPRI, KOPWAN, KSP, KSU, KOPMAS, PRIMKOPAL, PRIMKOPTAMA, KOPKAR dan KOPMA. Pada kelompok KOPMA yang mendapatkan kesempatan uji fasilitasi SKKNI-KJK hanya 2 KOPMA yaitu KOPMA UNESA dan KOPMA Dr. ANGKA ITS. Namun sebelum ujian berlangsung delegasi dari KOPMA Dr. ANGKA ITS mengundurkan diri. Sehingga hanya KOPMA UNESA saja yang  mengikuti fasilitasi uji SKKNI-KJK ini.

KOPMA UNESA mendelegasikan Arif yang menjabat sebagai kepala bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota di KOPMA UNESA.

“saya mengikuti fasilitasi uji SKKNI-KJK ini karena saya ingin belajar bagaimana ujiannya itung-itung tambah pengalaman walaupun sebenarnya saya tidak paham apa yang akan di ujikan karena ketika diklat kemarin saya hanya mengikuti sehari saja” ujar arif dalam diskusi setelah ujian selesai.

Manajemen pengelolaan kopma unesa berbeda dengan apa yang diujikan karena jenis koperasi KOPMA UNESA adalah koperasi serba usaha, sedangkan yang di ujikan adalah jenis koperasi simpan pinjam. Namun hal ini sangat bermanfaan bagi perbaikan manajemen KOPMA UNESA yang masih banyak kekurangan-kekurangan dalam manajemen koperasi.

Disamping itu, dengan didelegasikannya pengurus kopma unesa untuk mengikuti Fasilitasi Uji SKKNI-KJK ini diharapan mampu memperbaiki sistem yang ada di KOPMA UNESA sehingga dalam pengelolaan koperasi dapat dilakukan secara professional dengan manajemen koperasi yang baik.

3 comments to “Ikuti Fasilitasi Uji SKKNI-KJK Untuk Memperbaiki Manajemen Koperasi”

You can leave a reply or Trackback this post.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.