Jarak Bukan Menjadi Suatu Halangan Untuk Mendapatkan Ilmu Baru

Kunjungan BEM UNP Kediri

Kopma UNESA- Study Banding merupakan kegiatan saling bertukar pengalaman dan sharing-sharing  yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih. Di Kopma Unesa study banding telah menjadi salah satu program kerja tahunan Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) yang telah disepakati dalam Rapat Kerja (RAKER) Periode 2017-2018. Sehubungan dengan kegiatan tersebut beberapa kali Kopma Unesa telah kedatangan tamu, baik dari Koperasi Mahasiswa (KOPMA) IAN Jumber (10 Maret 2017), Kopma Berdikari dari Politeknik Jumber (29 April 2017) sampai kunjungan tinggkat Ormawa seperti BEM  Universitas Nusantara PGRI Kediri (UNP) (20 April 2017).

Kegiatan ini juga mendapat sambutan baik dari Ketua Umum Kopma Unesa dan Kabid PSDA “Kegiatan semacam ini memang perlu dilakukan di Kopma Unesa apalagi kita juga mempunyai proker yang sama. Selain itu, kegiatan tersebut cukup positif dan sedikitnya telah membantu dalam usaha memajukan dan pengembangan Kopma Unesa dalam banyak hal dengan saling mempelajari satu sama lain, terlebih dalam hubungan ekstern Kopma Unesa.” Jelas Muhamad Arif Daraini selaku Kabid PSDA yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan study banding di Kopma Unesa

Di kunjungan pertaman, Kopma IAIN Jember bersilahturahmi dalam rangka Study Banding. Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang dari Kopma IAIN Jember dan pengurus Kopma Unesa. Rombongan ini sempat molor dari jadwal awal, namun segera dikondisikan saat sampai di Kopma Unesa. Di sesi awal, kopma unesa mempresentasikan apa itu Kopma Unesa, seperti apa saja bidang-bidang yang ada di Kopma Unesa dan Proker-proker di setiap bidangnya, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah presentasi dari kopma unesa dilanjutkan presentasi dari Kopma IAIN Jember. Study banding ini juga sempat terhenti karena waktu untuk solat jumatan. Setalah solat jumat usai kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan diakhiri dengan bertukar kenang-kenangan dan foto bersama.

Di kunjungan kedua, BEM Universitas Nusantara PGRI Kediri (UNP) bersilahturahmi dalam rangka study dengan BEM Universitas Negeri Surabaya, Kopma Unesa, dan UKIM Unesa. Kegiatan ini diikuti oleh BEM UNP 23 orang, BEM Unesa 15 orang, Kopma Unesa 7 orang dan dari UKIM Unesa 5 orang. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Kesektariatan Kopma Unesa. Dalam study banding kali hanya Kopma Unesa dan UKIM Unesa yang presentasi, hal ini dikarenakan BEM UNP lebih berfokus dan ingin lebih tau dengan Kopma Unesa dan UKIM Unesa. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. BEM UNP sendiri memiliki alasan dimana saat ini, di Universitas Nusantara PGRI Kediri (UNP) dalam proses mengaktifkan UKIM kembali dan dalam proses mendirikan Kopma. Proses presentasi baik dari Kopma Unesa dan UKIM Unesa berjalan sama pada umumnya, dimana setelah presentasi selesai dilanjukan dengan sesi tanya jawab. Tak lupa, untuk merekatkan tali persaudaraan antar Organisasi baik dari BEM Unesa, Kopma Unesa, UKIM Unesa dan BEM UNP saling memperkenalkan satu dengan yang lain. Kegitan ini ditutup dengan sesi penyerahan kenang-kenangan dari BEM Unesa untuk BEM UNP ataupun sebaliknya dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Foto bersama di lakukan di depan Ruko Kopma Unesa. Kegiatan ini juga disambut baik oleh Rektor Universitas Negeri Surabaya

Di kunjungan ke tiga, Kopma Berdikari Politeknik Jember bersiraturrahmi dalam rangka study banding. Kegiatan ini tidak hanya di Kopma Unesa saja namun ada beberapa Kopma lain yang berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama di surabaya dan hari kedua di kopma-kopma malang. Kegiatan study banding ini diikuti oleh 16 orang dari Kopma Berdikari dan 7 orang dari Kopma Unesa. Sama seperti pada study banding yang lainnya, sesi awal dalam study danding ini di mulai dengan perkenal antar pengurus Kopma Unesa dengan Kopma Berdikari Politeknik Jumber. Sesi selanjutnya Kopma Unesa mempresentasikan diri yang dilanjutkan  dengan sesi tanya jawab. Dalam study banding kali ini, hanya Kopma Unesa sajalah yang melakukan presentasi, hal ini terjadi karena Kopma Berdikari Politeknik Jember ingin belajar lebih banyak dengan Kopma Unesa. Kegiatan study banding ini berjalan dengan lancar, sihingga tak terasa waktu berjalan begitu cepat dimana jam menunjukan pukul 11.30 WIB. Pada akhir kunjungan, Tak lupa kita selalu mengabadikannya dengan foto-foto bersama.(SS)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.